Pengertian Database

Database (b.inggris) atau yang sering disapa basis data adalah sekumpulan informasi yang di simpan di dalam komputer dalam bentuk yang sistematis sehingga dapat diperiksa dengan menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Sebenarnya pengertian database itu sangat beragam, namun pada intinya adalah sama.

HyperText Markup Language

Data yang disimpan di komputer yang dapat dimanipulasi oleh manusia sesuai dengan perintah yang digunakan.

DBMS (Database management system) merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh pengguna basis data (system engineer, administrator dan end user) untuk mengelola, membangun, mendefinisikan, memanipulasi dan memanggil kueri basis data. Sistem database adalah hasil dari penggabungan antara DBMS dengan basis data.

Sejarah Database

Awal mulanya istilah “Basis data” berasal dari ilmu komputer. Kemudian artinya semakin luas hingga memasukkan hal-hal yang ada di luar bidang elektronika. Catatan-catatan yang mirip dengan database sebenarnya sudah ada dari sebelum revolusi industri yaitu berupa buku catatan kwitansi dan catatan bisnis lainnya.

Konsep dasar dari basis data itu sendiri merupakan kumpulan dari catatan atau potongan dari pengetahuan yang memiliki penjelasan terstruktur yang berbentuk seperti skema. Skema merupakan perwakilan dari objek-objek dalam basis data dan hubungan antar objek dalam basis data.

Model basis data merupakan salah satu cara untuk memodelkan struktur suatu basis data. Model basis data ada 3 yang pertama adalah model data relasional, model hirarki, dan model jaringan. Nanti akan dijelaskan lebih lanjut mengenai model basis data.. Oke kita lanjut lagi,,

Ada banyak perangkat lunak basis data yang banyak digunakan dalam pemrograman antara lain : Oracle, MySQL, Microsoft SQL, sybase, interbase, Firebird, Xbase, Paradox, dan masih banyak lagi.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data

4 thoughts on “Pengertian Database

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s