Framework ExtJS

exxttjs 4ExtJS adalah Sebuah Framwork Dengan Bahasa javascript yang digunakan untuk mempermudah pembuatan APlikasi Berbasis Website yang hamper menyerupai aplikasi berbasis Dekstop.

ExtJS merupakan Framework yang sangat tepat untuk pembuatan Aplikasi berbasis website,karena  dengan Adanya Ajax di  Framework ini sehingga untuk Transfer ataupun Request data pada aplikasi yang nantinya kita buat bias lebih cepat dan bekerja di belakang atau tanpa harus Meloading keseluruhan Page dari aplikasi yang kita buat.

Extjs juga sudah menyediakan File – file yang kita butuhkan seperti CSS , Icon dan yang paling Penting Documentasi yang sangat Lengkap, dari Guide, Contoh dan  Materi berupa Video.   Sebelum Memulai Coding dan bermain dengan script – scriptextJS sebelumnya kita harus memahami dan mengatahui beberapa hal terlebih dahulu.

Requirements / Persyaratan

Web Browser

Ext JS  Mendukung Semua Browser yang Terkenal dari  I-6, Google Crome yang terdahulu. Tapi direkomendasikan agar kita menggunakan  Browser yang memiliki tingkat debugger atau exsekusi yang lebih bagus seperti :

–       Google Crome 10  +

–       Mozila Firefox 4 +

  1. Apple Safari  5 +
  2. Web Server

Meskipun Tanpa Web Server ExtJS tetap bias berjalan tapi sangat direkomendasikan agar kita memakai  Web server. Karena tanpa web server ExtJS yang telah digabungkan menjadi website dinamis atau dipakai bersama dengan database tidak bisa Berjalan. Jadi jika Belum disarankan mendownload dan menginstal web server terlebih dahulu seperti Apache  Atau memakai Xampp (windows) /Lampp (linux).

Ext JS 4 SDK

Disini kita harus Mendownload dulu File – file Framwork ExtJS yang nantinya kita pakai untuk membuat Website Aplikasi. Anda bias mendownloadnya di  :

http://www.sencha.com/products/extjs/download

Saat ini yang Terbaru adalah Ext Js versi 4.1. Setelah itu letakkan file tersebut di dalam Folder Web Root, :Windows – “C:\Program Files\Apache Software Foundation\Apache2.2\htdocs”

  • C:/Xampp/htdocs
  • Linux – “/var/www/”
  • Mac OS X – “/Library/WebServer/Documents/”

Dan ada 2 File yang paling penting sebagai file inti yang mengatur Framework ExtJs ini

  1. Ext-all.js -> berisi class, fungsi dan method javascript yang digunakan untuk mengatur Ext JS.
  2. Ext-all.css -> Berisi File Css yang digunakan utnuk pengaturan style Web oleh Ext JS.

Untuk detailnya sabar ya.. saya baru buat penjelasanya aja. kalo ngga bisa langsung tanya jika ada masalah. jika bisa bantu pasti saya bantu.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s